Coba lagi

Selasa, 30 November 2010

Potensi Lokal Jadi Kekuatan Lampung Menuju Pentas Dunia

PROVINSI Lampung atau yang dikenal dengan julukan “Negeri Ruwa Jurai” memiliki potensi sumber daya alam dan pariwisata nan kaya.
Potensi sumber daya alam itu kini tersebar dihampir seluruh wilayah daerah Provinsi Lampung. Dan, wajar bila Lampung sekarang menjadi pusat perhatian kalangan investor baik dari dalam maupun luar negeri.
Sektor pariwisata Lampung kini tengah disorot dunia. Pasalnya selain Lampung banyak tempat-tempat wisata indah, budaya dan kesenian Lampung juga telah populer di mata masyarakat luar.
Bermodal sumber kekayaan alam yang melimpah itulah, pada Sabtu malam, tepatnya tanggal 13 November 2010, Pemprov Lampung menggelar “Paket Acara Khusus di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.
Paket acara khusus tahun 2010, merupakan event budaya tahunan yang digelar di TMII, dan  telah dicanangkan pihak Kemeterian Kebudayaan dan Pariwisata beserta Kemneterian Dalam Negeri sebagai salah satu  upaya pemerintah daerah, khususnya Pemprov Lampung dalam upayanya menjadikan budaya dan kesenian daerah sebagai “soko guru”.
Pada pagelaran tahun 2010, Paket Acara Khusus Anjungan Lampung di TMII menampilkan seni tari dan budaya berupa “ Sendra Tari Way  Seputih” persembahan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, dan Pameran Produk Unggulan dari Daerah Lampung.
Acara ini dihadiri oleh Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, Wakil Gubernur Lampung, M.S. Joko Umar Said,  Dirjen Seni Budaya dan Pariwisata Kamenbudpar, sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, serta beberapa utusan anggota Pengusaha asal Lampung, dan tokoh-tokoh lembaga masyarakat Lampung seperti Lampung Sai, Pasmat. Persatuan Mahasiswa Lampung dan lainnya.
Adapun sebagai pengisi acara adalah perpaduan dari seniman-seniwati sari Lampung Tengah sebagai pembawa Materi Sendara Tari, Seni Vokal dn Fashion Show, dari diklat Anjungan Lampung. Sendra Tari Sejunjungan Balak yang menjadi persembahan dari Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Lampugn (HIPMALA) di Yogyakarta.
Wakil Gubernur Lampung, Joko Umar Said mengaku Lampung itu kaya akan sumber daya alam terutama di bidang pariwisata. Berbagai tempat-tempat wisata indah tersebar di wilayah Lampung, dan wajar bila Lampung kini menjadi incaran investor, ujarnya.
Salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Teluk Kiloan. Saban harinya Teluk Kiloan  yang merupakan  laut lepas dibanjiri pengunjung untuk melihat  ikan lumba-lumba berenang, dan beratraksi di laut lepas Tanjung Setia yang berada di Lampung Barat.
“Tempat ini sekarang menjadi surganya para  peselancar baik lokal maupun luar negeri. Bahkan,  tempat pariwisata selancar Tanjung Setia ini sudah mendapat peringkat kedua  dunia, “ ungkap Joko.
Selain itum ada Seaway Kambas , di objek wisata ini akan didirikan tempat sekolah gajah terbesar di Asia Tenggara, tuturnya.
Bukan hanya pariwisata saja, Lampung juga punya  potensi  di sektor pertanian ,  seperti gula, jagung, kakau, karet, sawit  dan masih banyak lagi hasil-hasil pertanian lainya yang belum semua tergarap. Termasuk Lampung juga dikenal  sebagai pengexspor udang terbesar di Indonesia.
Untuk mempermudah investor dalam menjalin kerja sama, pemerintah daerah  sudah bekerja sama dengan pemerintah pusat dan kabupaten kota untuk mempermudah perijinan-perijinan dan insentif lainnya..
Disamping itu, pemrintah Lampung tengah giat meningkatkan perbaikan infrastruktur terutama perbaikan akses-akses jalan. Terbukti di tahun 2010 ini pemerintah lampung mngeluarkan anggaran yang cukup besar untuk perbaikan jalan demi menciptakan transportasi yang lancar.
Begitu juga dengan bandara-bandara. “Semua yang menjadi akses kelancaran perhubungan akan terus diperbaiki serta kita tingkatkan, tukas Joko.
Optimalisasi Pelayanan
Sekretariat Perwakilan Provinsi Lampung di Jakarta, DR. Edarwan SE, Msc, menyatakan salah satu tugas pokok dan fungsi Sekretariat Perwakilan Provinsi Lampung di Jakarta, adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, peran tersebut diperlihatkan oleh Anjungan Lampugn TMII yang secara struktural berada dibawah Sekretarian Badan Perwakiln dalam melayani tIM kesenian Pengisi acara Paket Khusus Anjungan Lampung TMII Jakarta.
Adapun pelayanan yang diberikan diantaranya acara penyambutan dengan potong tumpeng dan hiburan pada hari jumat tanggal 12 Nopermber 2010 jam 09.00 WIB yang dihdiri Direktur Budaya TMII DR.Mas’uoed Thoyib, yang dalam sambutannya menyebutkan bahwa Anjungan Lampung TMII merupakan salah satu Anjungan paling aktif  yang ada di Taman Mini.
Rombongan tim keswenian yang berjumlah 74 orang ini difasilitasi untuk bersama-sama menyaksikan Film pada Teather Imax Keong Emas yang merupakan Imax terbesar di Asia Tenggara tersebut. Kemudian dilanjutklan dengan mengunjungi Museum Purna Bahkti Pertiwi (MPBP) Jakarta.
Adapun tujuannya adalah disamping memberitkan pelayanan yang optimal juga sekaligus mengenang jasa pahlawan, mengingat masih dalam rangka Hari Pahlawan 10 November 2010, tutur Edarwan. Dedy/Heldi/Rodjali

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger